10 Des 2012

KESWASETRA - Teaternya SMA N PIRI 1 Jogja





KESWASETRA - TEATER SMA PIRI 1 JOGJA


Ini dia ekskul yang lagi in tahun ini, Teater...
Ekskul teater dari berbagai sekolah menengah atas di Kota Jogja semakin berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya dengan menggelar pementasan dan karya. Tak ketinggalan, Ekskul Teater SMA PIRI 1 Jogja juga berusaha eksis, baik di lingkungan intern maupun ekstern...

KESWASETRA – adalah nama ekskul teater SMA PIRI 1 Jogja. Keswasetra merupakan singkatan dari ‘Kelompok Siswa Seni Teater dan Tradisional’. Ekskul ini diprakarsai oleh Bapak Pramudyantoro, S.Pd dan sudah eksis semenjak Oktober 1999 silam. Meski telah berganti generasi, Teater Keswasetra mampu bertahan dan menghasilkan karya-karya baru. Beberapa gelar yang pernah diraih oleh Keswasetra diantaranya Juara 1 Peringatan Ultah Ambarukmo Plaza (Jogja/2010) dan Juara 3 Pekan Etika Budaya (Jogja/2010). Mereka juga pernah menjadi wakil DIY dalam lomba teater pelajar antar provinsi.
Kegiatan Keswasetra berupa latihan rutin dengan materi dasar pengenalan teater seperti gesture, blocking, lighting, properti, naskah, dan lain sebagainya. Asyiknya, materi disampaikan dengan cara fun jadi nggak ada kesan canggung, materi pun menjadi lebih mudah dipahami. Mereka juga punya agenda Happening Art Keswasetra yang digelar sebulan sekali. Eits, jangan bayangkan gelaran ini berupa pentas besar.
Happening Art a.l.a Keswasetra adalah uji kesiapan mental dengan tampil di hadapan banyak orang tanpa latihan dan persiapan terlebih dahulu. Kegiatan ini biasa mereka lakukan di kawasan nol kilometer Jogja. Aksi spontanitas ini bukan sekedar ngamen biasa, tujuannya adalah mengasah kemampuan para anggotanya. Kegiatan lainnya yaitu mereka biasa nonton bareng jika ada event atau acara kebudayaan, terutama jika ada gelar seni teater.
Keswasetra biasa kumpul tiap hari jumat sepulang sekolah. Anggota aktif mencapai 23 orang dari kelas x, xi, dan xii, ditambah para alumni Keswasetra yang masih betah nongkrong bersama mereka, dan sekaligus menjadi pembimbing mereka. Tak heran, suasana guyub sangat terasa di komunitas ekskul ini. Leader Keswasetra, Punto Ali Fahmi membenarkan rasa kekeluargaan di Keswasetra yang sangat kental. “Setelah saya lulus nanti, saya berniat tetap bertahan di Keswasetra. Bagi saya, Keswasetra adalah rumah kedua. Teman-teman sudah seperti keluarga sendiri,” ujar Punto.
Keswasetra SMA PIRI 1 Jogja tidak hanya fokus pada seni teater tetapi juga mengembangkan seni musik kontemporer berupa grup band yang dipadukan dengan alunan musik gamelan. Pengalaman produksi audio-visual pun pernah mereka geluti. Film produksi besutan Keswasetra berjudul Antara Ada dan Tiada (2012) – yang digarap bersama alumni, dan Waljion Waljiah (2012) - yang kali ini diproduksi secara mandiri. Rencananya kedua film tersebut akan di-launching bersamaan, kapan itu? Kita tunggu saja surprise dari Keswasetra... (Nisya Rifiani)







Alamat Sekretariat : SMA PIRI 1 Jogja (Jl. Baciro Jogja)
Facebook : New Keswasetra


---------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel ini telah dipublikasikan di Tabloid Remaja BIAS – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi DIY
Edisi 6 Tahun XVII / 2012

BIAS Edisi #6 Tahun 2012 - Teater Keswasetra
Download

Artikel Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar