3 Jun 2012

Profil SMA Negeri 5 Yogyakarta


SMA Negeri 5 Yogyakarta
Kampus Puspanegara : Wujudkan Pembentukan SDM Bermoral, Cendekia, dan Mandiri

Tim Pleton Inti Putra Puspanegara - Pascagara 12 - Foto : Ikhfan Afrido


Kampus SMA Negeri 5 YK atau juga dikenal dengan ”Puspanegara” berdiri megah di Kotagede, Yogyakarta. SMA Negeri 5 YK resmi berdiri sejak 17 September 1949 dengan nama Sekolah Menengah Umum Atas Bagian Yuridis Ekonomi (SMA/AC) atas prakarsa tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat di Yogyakarta. SMA Negeri 5 YK kemudian berkembang pesat baik dari segi struktur, infrastruktur, akademis, dan non-akademis. Meski demikian, predikat sekolah sebagai “SMA bagian C” masih melekat hingga sekarang dan kini pun populer dengan sebutan “Mache”.
Secara singkat dan sederhana namun memiliki arti yang mendalam visi SMA Negeri 5 YK adalah “Citra Moral, Citra Kecendekiawan, dan Citra Kemandirian”. SMA Negeri 5 YK kemudian merumuskan misi untuk mewujudkan visi tersebut. Lambang SMA Negeri 5 YK bernama “Puspanegara”. Puspanegara memiliki tugas suci “Trus Hakarya Ruming Praja” yang artinya “Terus berkarya dan bekerja tanpa pamrih demi keharuman dan kejayaaan negara dan bangsa”.
Program Utama Sekolah SMA Negeri 5 YK terdiri dari Kegiatan Belajar/Mengajar, Program Peningkatan Nilai Akademis, Program Kegiatan Ekstrakulikuler, Program Peningkatan Kualitas SDM, dan Program Peningkatan Akhlak Mulia dan Karimah. Program peningkatan nilai akademis merupakan kegiatan diluar jam belajar/mengajar yang bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami materi yang diajarkan, sekaligus meningkatkan kualitas akademis.
Program ekstrakulikuler dibagi menjad dua yakni wajib dan pilihan. Ekstrakulikuler yang bersifat wajib harus diikuti oleh semua siswa untuk meningkatkan skill dan knowledge. Ekstrakulikuler jenis ini yakni pramuka, pleton inti, dan keterampilan komputer. Ekstrakulikuler yang bersifat pilihan bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Terdapat lebih dari 15 jenis ekstrakulikuler yang dapat dipilih oleh siswa. Mulai dari kegiatan yang bersifat akademis namun tidak wajib seperti pembibitan akademis, pembibitan olimpiade, conversation. Kegiatan keterampilan seperti Karya Ilmiah Remaja (KIR), Palang Merah Remaja (PMR), Jurnalistik, Fotografi. Kegiatan yang bersifat fisik seperti Basket, Futsal, Bulu Tangkis, Puspanegara Pecinta Alam (Puspala). Kegiatan seni seperti Teater Puspanegara (Tepoes), Paduan Suara, Seni Tari, Sablon. Hingga kegiatan yang bersifat keagamaan seperti mentoring, serta masih banyak lagi. Ekstrakulikuler Puspanegara aktif berpartisipasi dalam berbagai lomba sesuai dengan bidangnya dan tak jarang meraih prestasi.
Diluar kegiatan akademis dan ekstrakulikuler, Puspanegara kerap menyelenggarakan berbagai event yang rutin diselenggarakan setiap tahun dalam skala regional. Diantaranya adalah Puspanegara Debating Competition, Try Out Puspanegara, Puspanegara MIPA Competition.
Tradisi yang paling kental dari Kampus SMA Negeri 5 Yogyakarta adalah Tradisi Pagi Simpati. Pagi Simpati adalah kegiatan saling salam dan berjabat tangan yang dilaksanakan setiap pagi hari. Pagi Simpati melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, hingga alumni. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan warga sekolah khususnya antara guru dengan murid. Harapannya adalah mengurangi kesenjangan antara para pendidik dengan siswa didiknya.
Menurut salah satu guru bimbingan konseling SMA Negeri 5 YK Suminem, S.pd., kegiatan pagi simpati ini sangat bermanfaat dalam rangka proses mengenal antara guru – siswa didik, dan sebaliknya. SMA Negeri 5 YK adalah penggagas pertama kegiatan salaman pagi ini. Setelah itu, kegiatan serupa mulai diadopsi dan dilaksanakan oleh beberapa sekolah lain di kawasan D.I. Yogyakarta.
Demikian profil SMA Negeri 5 YK dalam sekilas. SMA Negeri 5 YK terus mewujudkan pembentukan SDM yang senantiasa memiliki akhlak mulia, beriman, dan berpengetahuan tinggi serta terus memiliki semangat “Trus Hakarya Ruming Praja”…
 
(Nisya Rifiani)

'Pagi Smpati' - Foto : Ikhfan Afrido

Kegiatan Ekstrakulikuler Jurnalistik di Kampus Puspanegara - Foto : Bimo Cahyo

Artikel ini telah dipublikasikan di Majalah Remaja BIAS – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DIY – Edisi 3 Tahun XV / 2011

5 komentar:

  1. Nice blog nis. Ngingeti jaman SMA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih :)
      Baru memulai untuk mewujudkan blog yang keren.
      Artikel tentang Suara Puspa dan SMA N 5 YK pasti akan aku publikasi, tapi bertahap. Tunggu postingannya ya... :)

      Hapus
  2. hhehee mbok saya tolong diajari ngelola blog biar rapi bu...

    BalasHapus
  3. Mari belajar bersama, saya juga masih pemula :)

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum... thanks update ttg SMA 5 YK.

    Bcr ttg tonti.. angkatan kami yg mulai start up utk membikin bendera merah putih "pusaka" berikut peti kayu yg berukir garuda pancasila.


    Pandu - jkt



    BalasHapus