6 Jul 2012

Volunteer Jogja Java Carnival 2010 (Bagian 1)


Pengalaman Volunteer: Pawai Mozaik Jogja & Jogja Java Carnival #3 ‒ 2010 (Bagian 1)

Prolog
Agustus 2010
Hai, perkenalkan…
Nama saia Nisya Rifiani…
Karena penatnya mengerjakan tugas akhir, saia terfikir untuk mencari kegiatan lain. Saia belum mulai mengajar ekstrakulikuler, dan kegiatan shooting bersama komunitas saia: Edge Pictures, pun belum dimulai. Ibu saya menganjurkan ikutan event Jogja Java Carnival #3 (JJC) 2010 dalam rangka ulang tahun Kota Jogja… Oke, saia setuju. Saia kemudian browsing, dan cari informasi kemana-mana untuk dapat mengetahui lebih lanjut event JJC 2010, entah itu kepanitiaan, peserta, volunteer… Tapi sayang, saia tidak menemukannya. Saia pun menyerah dan melupakannya…

September 2010
Tak sengaja kudengar kabar-kabar program perekrutan volunteer event Jogja Java Carnival 2010 ini dari sebuah radio swasta. Wah, beruntungnya aku mendengarkan radio ini sehingga aku tahu informasi perekrutan itu. Segera kusiapkan syarat-syarat yang sudah ditentukan seperti cv dan pass-foro; dan aku pun segera mendaftar. Kusambangi markas kesekretariatan JJC di Jl. Taman Siswa No. 150 E Yogyakarta. Eh… sesampainya disana, ternyata aku mendapati informasi bahwa pendaftaran volunteer JJC dipusatkan di MuseumWayang Ukur – sebuah museum milik seniman Sapto Rahardjo,alm; dan bukan di kesekretariatan JJC. Untungnya, tempatnya nggak jauh dari kesekretariatan, cukup jalan kaki sekitar 2‒3 menit sudah sampai di Museum Wayang Ukur. Bersama seorang teman yang juga berniat mendaftar menjadi volunteer – yang belakangan kuketahui bernama Dewi, aku mendatangi Museum Wayang Ukur. Disana, kami ketemu Mas Gatot, Mas Yogi & Mbak Eka, yang melayani pendaftaran perekrutan volunteer JJC. Mereka semua dari Komunitas Gayam16; sebuah komunitas penyuka gamelan. Komunitas inilah yang bertanggung jawab atas perekrutan volunteer JJC 2010.

Oktober 2010
Pada akhir bulan September 2010 ditutuplah open recruitment volunteer JJC . Awal bulan Oktober segeralah dimulai seleksi untuk kepanitiaan volunteer ini. Nggak disangka, ternyata seleksi penerimaan volunteer ini tergolong ketat. Berikut reviewnya…

Alur Perekrutan Volunteer Jogja Java Carnival 2010 :
Tahap I Pendaftaran
Pendaftaran JJC #3 2010 dibuka ±45 hari (satu setengah bulan) sebelum event (H-45). Pendaftar yang melamar menjadi volunteer kurang lebih ada 750 pendaftar.

Tahap II Tes Tertulis
Para pendaftar wajib mengikuti tes tertulis yang terdiri dari tes pengetahuan & focus group discussion (FGD). Dari ± 750 pendaftar akan disaring hingga menjadi 300 orang, dan akan diikutkan dalam training volunteer.

Tahap III Training
Calon volunteer yang lolos tes tertulis wajib mengikuti training volunteer yang diselenggarakan tanggal 3 Oktober 2010 di Piramid Café (Jln. Parangtritis). Calon Volunteer yang tidak mengikuti training otomatis dinyatakan gugur. Calon volunteer yang mengikuti training otomatis diterima menjadi volunteer event Pawai Mozaik Jogja, 7 Oktober 2010. Ada ±286 orang (saia lupa jumlah pastinya) yang mengikuti training ini dan menjadi volunteer dalam event Pawai Mozaik Jogja.

Tes Wawancara
Tes wawancara adalah salah satu syarat untuk lolos sebagai volunteer JJC 2010. Tes wawancara dilaksanakan di Museum Wayang Ukur –pada hari selanjutnya setelah training. Pada tes ini akan digali pengetahuan umum serta kepribadian kita. Oia, pewawancara juga dibekali dengan cv kita, untuk memudahkan mereka memberikan pertimbangan apakah kita cukup pantas menjadi volunteer JJC 2010 ataukah  tidak.  Jangan salah, cv yang kita kumpulkan itu ternyata nggak sekedar menjadi barang ’sampah’ saja.
Saia kebagian wawancara ama ibu-ibu nyentrik, berjiwa muda & gaul. Ternyata, beliau adalah istri alm. Sapto Rahardjo, sekaligus sesepuh di Komunitas Gayam16. Langsung aja deh saia nyamper, nyapa, dan mulai wawancara. Menurut saia, ini sih bukan wawancara, tapi sekedar ngobrol-ngobrol untuk ngelihat potensi & attitude. Lama sama ngobrol ama Si Mak (Mamah) ‒panggilan beliau di Komunitas Gayam16, eh… pake curhat segala. Ada sekitar 45 menit, seingatku…  Wah, lama… dibandingkan ama temen-temen lain yang kira-kira cuma butuh waktu 15 menit…

Tes Potensi/Out Bond
Seperti tes wawancara, tes potensi ini adalah syarat utama untuk lolos sebagai volunteer JJC 2010. Tes Potensi/Out Bond adalah sebutan yang diberikan oleh panitia perekrutan volunteer. Padahal, sebenernya sama saja kalo’ kita menyebut bahwa kita udah diterima menjadi volunteer Pawai Mozaik Jogja. Dengan ikut ‘out bond’ ini, menurut saia otomatis udah masuk dalam kepanitiaan event Ulang Tahun Kota Jogja (walaupun cuma volunteer). Di sini, akan dilihat potensi dan kerja kita.

Tahap IV Volunteer JJC
Dari ±286 volunteer yang lolos tahap III (sudah melakukan tes wawacara & menjadi volunteer Pawai Mozaik Jogja) akan disaring lagi hingga menjadi 150 saja. Alhamdulillah, saia lolos tahap terakhir ini dan masuk menjadi volunteer JJC #3 2010.

Pawai Mozaik Jogja ‒ 7 Oktober 2010

Pawai Mozaik Jogja dilaksanakan pada Kamis, 7 Oktober 2010. Konsep acara ini berupa pawai yang dimulai dari Alun-Alun Utara menuju ke Kantor Balai Kota Yogyakarta.
Pada event ini saia & Tim kebagian tugas untuk menjaga area belakang (baca: septic tank). Kami bertugas di sepanjang jalanan di wilayah kompleks Balai Kota. Intinya, kami menempatkan peserta pawai pada tempat yang seharusnya mereka tempati.

Thanks for my team…
Supervisor : Purwanto (Mas Pur alias Oli)
Partner : Mas Nur, M. Yoga, Anton, Bobby (Bonita), Cecil, Medha, Adis, Rifky & Septi.
Ps: Saia kangen banget sama Mas Nur & Yoga (Mas Nur yang selalu cool dalam mengerjakan tugas-tugasnya, tp ternyata koplak jg… Yoga yang udah mau bawain barang-barang saia & rela ngebagi air minum dia)… Sayang, saia nggak punya kontak mereka berdua…
Medha, saia juga merindukanmu.,. (nggak punya kontak dia juga^^)
Untuk Anton, Bonita, Cecil, Adis, Rifky & Septi… kita bertemu lagi di JJC 2010… :)

0 komentar:

Posting Komentar