10 Sep 2018

Berkreasi Membuat Bullet Journal di Gelaran “Kreatif Pasti Sukses” By StandardPen Indonesia

EVENT REPORT

BERKREASI MEMBUAT BULLET JOURNAL DI GELARAN “KREATIF PASTI SUKSES” BY STANDARDPEN INDONESIA

Partisi-partisi yang berfungsi sebagai aksen dekoratif memenuhi sebagian Atrium Jogja City Mall. Rupanya partisi tersebut merupakan bagian dari pameran seni rupa yang sedang digelar di sana. Karya seni dua dimensi menghiasai praktisi yang telah ditata sedemikian rupa. Seolah mengundang para pengunjung untuk menikmati suguhan karya yang dipamerkan di sana...


Acara keren bertajuk “Kreatif Pasti Sukses” ini digelar oleh STANDARDPEN INDONESIA, sebuah perusahaan lokal yang memproduksi alat-alat tulis dan kantor, seperti pensil, bolpoint, oil pastel, dan lain sebagainya. Perusahaan Standardpen sendiri sudah berdiri hampir 50 tahun lamanya, bermain di pangsa pasar lokal dan juga internasional. Produk andalannya adalah bolpoint dengan tinta oil gel, yang memiliki keunggulan pada kualitasnya, salah satunya menghadirkan goresan tinta yang smooth. Kita pasti tak asing lagi dengan salah satu produknya yang melegenda, sebuah bolpoint minimalis nan laris, yaitu Standard AE7.

Gelaran “Kreatif Pasti Sukses” dilaksanakan selama dua hari mulai hari Sabtu (08/09/2018) dan Minggu (09/09/2018) di Atrium Jogja City Mall (JCM), Jogjakarta. Partisi-partisi memajang banyak karya yang dikreasikan dari kertas maupun kayu. Style yang diusung macam-macam, ada sketch art, doodle art, hand latering, lukisan di atas media kayu, dan lain sebagainya. Tak hanya karya dua dimensi, ada juga karya tiga dimensi berupa “patung” yang dibalut oleh kertas bergambar. Pameran tersebut melibatkan seniman-seniman baik dari dalam maupun luar Kota Jogja, juga komunitas seni di Kota Jogja.


Pameran karya kreatif ini mampu menarik pengunjung, baik yang sengaja hadir untuk melihat pameran maupun pengunjung umum yang sedang jalan-jalan di mall. Rangkaian gelaran “Kreatif Pasti Sukses” besutan STANDARDPEN INDONESIA ini juga menghadirkan talkshow dan live performance band, serta macam-macam workshop keren dengan materi dasar seni yang dipamerkan. Pengunjung bisa mencoba membuat karya seperti yang sedang dipamerkan dengan biaya cuma-cuma, dan hasilnya karyanya bisa dibawa pulang. Workshop ini diperuntukkan bagi dewasa maupun anak-anak. Agendanya seru-seru!  


Hari pertama “Kreatif Pasti Sukses” By STANDARDPEN INDONESIA, Sabtu (08/09/2018) dibuka dengan Klinik dan Workshop Bullet Journal. Praktisi yang mengawal sesi ini ada Kakak @artikadewanti dan Kakak @nocturvis. Selain Workshop BULLET JOURNAL, ada workshop lainnya. Ada Workshop Doodle yang dikawal oleh Kakak @didik797artwork dan Kakak @badar_henna_jogja.

Ada Workshop Sketsa yang dikawal oleh Kakak @pampam_mahendra dan Kakak @roes_antoe. Ada pula Workshop Hand Latering yang dikawal oleh Kakak @unikbaik dan Kakak @ryandoko. Seni menulis indah ini juga lagi ngehits banget. Puncak hari pertama ada talkshow bersama artis muda berprestasi, Maudy Ayunda, dan CEO STANDARDPEN INDONESIA, Megusdyan Susanto.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SERUNYA BIKIN BULLET JOURNAL

Sudah pernah dengar apa itu Bullet Journal?
Bullet Journal itu semacam sistem organize informasi, bisa berupa target, planner, agenda, to-do-list, atau catatan hal-hal yang penting. Tampilan BULLET JOURNAL bisa dikresikan sesuai dengan kehendak pembuatnya. Selain tulisan, pembuatnya bisa menambahkan ornamen gambar dan warna, aksen kreasi kertas, dan lain sebagainya. Beberapa tahun belakangan, Bullet Journal mulai populer terutama di Indonesia. Ryder Carroll, Seniman yang berasal dari New York, adalah orang yang memperkenalkan sistem organize informasi ini kepada khalayak luas.

“The Point of The Bullet Journal is to learn about yourself.”

‒ Ryder Carroll

Hari itu, saya dan kawan-kawan blogger dari Komunitas Blogger Jogja, dan peserta umum lainnya, mencoba untuk membuat BULLET JOURNAL, tentu masih dalam rangkaian acara “Kreatif Pasti Sukses” yang digelar oleh STANDARDPEN INDONESIA. Sebelumnya, saya memang sudah pernah mempraktikkan Bullet Journal, tapi yang biasa-biasa saja. Nah, ajang ini adalah kesempatan untuk mengasah kemampuan kesenian dalam membuat Bullet Journal. Peralatan yang digunakan untuk membuat Bullet Journal ini tentunya produk dari Standardpen.


Kakak @artikadewanti dan Kakak @nocturvis dari Komunitas Komporseni mengawal sesi Workshop BULLET JOURNAL ini, mereka adalah Seniman Bullet Journal. Di awal workshop, mereka sedikit bercerita tentang sejarah Bullet Juournal, sampai perkembangan dan persebarannya di dunia. Setelah menuntaskan kisahnya, mereka pun memulai mengajari peserta membuat Bullet Journal pribadi.

Hal yang pertama disiapkan adalah media untuk membuat BULLET JOURNAL, bisa dari buku biasa atau buku sketsa, namun disarankan menggunakan kertas tanpa garis. Peralatan lainnya adalah aneka bolpoint dan marker warna-warni supaya tampilannya nanti mejadi menarik. Kawan-kawan tentu bisa memakai produk dari STANDARDPEN INDONESIA. Kita juga bisa memanfaatkan peralatan lainnya seperti kertas origami, sticker karakter, dan lain sebagainya.


Hal yang pertama dibuat dalam  BULLET JOURNAL adalah index, yang berisi daftar halaman penting yang akan dibuat dalam Bullet Journal. Selanjutnya ada log kita bisa mengaturnya rentang waktunya, bisa harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Lalu ada collection, yang biasanya berisi agenda-agenda menarik yang akan kita jalani, seperti rencana traveling, mengikuti lomba, dan lain sebagainya. Tentu saja pembuat Bullet Journal bisa membuatnya isinya sesuai dengan kebutuhannya.

Sesaat setelah dijelaskan dan dipresentasikan contoh-contohnya, para peserta tenggelam dalam keasyikan membuat BULLET JOURNAL. Dan, wah, ternyata hasil karya teman-teman bagus-bagus semua. Di sela-sela kegiatan workshop, ada live performance band. Jadi, saat berkreasi bisa sekalian menikmati musik... Acara ditutup dengan foto bersama peserta yang memamerkan karya masing-masing. (Teks: Nisya Rifiani / Foto: Nisya Rifiani & Ardian Kusuma)

1 komentar:

  1. Ah ya bener, akupun fans pulpen Standard item yg itu tapi nggak hapal nama lengkapnya.

    BalasHapus