22 Jun 2012

Pacto SMA Negeri 5 Yogyakarta


Organization

Puspanegara in Action to Kespro (PACTO) ::
Menuju Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)

Tidak banyak sekolah menengah tingkat atas yang memiliki pusat informasi dan konseling remaja atau PIK-R. PIK-R adalah suatu wadah yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja dalam memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi. PIK-R sangat diperlukan untuk mempersiapkan remaja dalam menghadapi masa depannya nanti. Dengan adanya sosialisasi PIK-R diharapkan agar semakin dikenal oleh masyarakat sehingga pemanfaatannya dapat maksimal.
Ditengah kegerahan mengenai keterbatasan informasi konseling dan KRR, SMA Negeri 5 YK atau yang kerap disebut dengan puspanegara memiliki inisiatif untuk mendirikan PIK-R yang dinamakan “Puspanegara in Action to Kespro” atau kini dikenal dengan PACTO. PIK-R PACTO SMA Negeri 5 YK dibentuk dan diresmikan pada tanggal 21 April 2009. Pacto memiliki visi mewujudkan siswa SMA Negeri 5 YK menjadi remaja yang sehat, mandiri, tegar dan berkualitas dalam rangka terbentuknya keluarga kecil bahagia sejahtera. Pacto bukan sekedar ekstrakulikuler, namun sebuah organisasi yang menjadi wadah kegiatan remaja.
Begitu banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pacto, diantaranya pelatihan dan pembinaan dengan mitra, penyuluhan dan konseling dengan teman sebaya, kegiatan donor darah, mengikuti berbagai lomba dan gathering, studi banding, dan lain sebagainya. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan dalam sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat sekitar dan menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah menengah lainnya.
Pacto SMA Negeri 5 YK memiliki prestasi dalam berbagai bidang, baik dalam bidang skill dan knowledge PIKKRR, maupun dalam bidang life skill. Beberapa prestasi yang pernah diraih diantaranya Juara II Lomba Life Skill ; Pidato Bhs. Inggris se-DIY 2011, Juara II Lomba Cerdas Cermat KRR se-Kota Yogyakarta 2010, Juara II Lomba PIK-R tahap tegak tingkat Propinsi 2010, dan masih banyak lagi prestasi membanggakan lainnya.
Pacto kini telah memasuki Tahap Tegar, yaitu tahap tertinggi dalam PIK-R. Pacto juga menjalin kemitraan dengan berbagai instansi yakni PKBI Kota Yogyakarta, BKKBN Kota Yogyakarta, Kantor KB Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Puskesmas Kotagede I, dan instansi/lembaga terkait lainnya.
PIK-R membantu para remaja dalam menghadapi berbagai problematika maupun permasalahan. Harapannya adalah semoga semakin banyak lembaga serupa yang hadir terutama dalam lingkungan sekolah menengah atas, seperti Pacto yang dimiliki oleh SMA Negeri 5 YK ini.

(Nisya Rifiani)

Foto : Pacto SMA N 5 YK

Foto : Pacto SMA N 5 YK

Artikel ini telah dipublikasikan di Majalah Remaja BIAS – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DIY – Edisi 6 Tahun XVI / 2011

0 komentar:

Posting Komentar