21 Jun 2012

Sekilas Profil Jurnalistik Lima Ngayogyakarta




SUARAPUSPA Puspanegara


PROFIL
JURNALISTIK LIMA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Sudah selayaknya minat dan bakat serta rasa keingintahuan dalam bidang jurnalistik pada pelajar mendapat media penyaluran yang tepat. Begitu pula di SMA Negeri 5 Yogyakarta tercinta. Klub Jurnalistik Lima Ngayogyakarta, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut.
Ekstrakulikuler jurnalistik SMA Negeri 5 Yogyakarta bernama “Jurnalistik Lima Ngayogyakarta”, atau biasa disebut dengan “Julink Mache”. Klub Julink Mache mempelajari semua yang berhubungan dengan kegiatan jurnalisme mulai dari reportase, interview, peliputan berita, menulis berita, dan kegiatan jurnalisme lainnya. Selain itu, Klub Julink Mache juga mempelajari bidang lain yang berelasi dengan jurnalistik misalnya nulis cerpen, karikatur, fotografi, bikin komik, resensi, internet, animasi, hingga mendokumentasikan kegiatan sekolah. Dari klub ini, kita juga bisa dapat informasi lomba, workshop, seminar, diskusi, serta pelatihan tentang jurnalistik.
Pertemuan klub Julink Mache dilaksanakan satu sampai dua kali setiap minggunya, setelah jam pelajaran sekolah usai di Kampus Puspanegara. Belum ada ruangan khusus yang digunakan untuk pertemuan rutin. Karna klub belum memiliki ruangan sendiri, maka klub menggunakan perpustakaan untuk kongkow-kongkow. Tapi, nggak hanya di perpustakaan kok, kita juga sering kumpul di koridor kelas X, di depan kelas XII, di taman, di mesjid, di alba, di rumah senior, di tempat ngutak-atik desain…  pokoknya fleksibel, bisa dimana aja deh hehehe…
Tiap minggunya diadakan latihan rutin dengan dua meteri yaitu materi umum (jurnalistik) dan materi khusus (sesuai dengan minat dan bakat). Karya jurnalistik yang dihasilkan, berupa tulisan, gambar, foto, kemudian diapresiasikan dalam produk Klub Julink Mache diantaranya Buletin Suara Puspa (BSP), Mading APACHE, dan Newsletter & Koran Dinding Mini Julink. Dengan belajar jurnalistik dapat memperluas wawan jurnalistik, belajar dan berlatih untuk menjadi seorang jurnalis.

Logo Jurnalistik Lima Ngayogyakarta
Tahun 2011, Julink Mache meluncurkan logo baru – setelah sekian lama tak pernah menggunakan logo resmi. Berikut filosofi logo Julink Mache.

·         Gambar Tameng (Shield). Melambangkan sebuah kekuatan untuk tetap bertahan dari kendala-kendala yang ada. Buku. Merupakan salah satu sumber inspirasi, hiburan, dan informasi.
  • Angka 5. Menunjukkan identitas SMA Negeri 5 Yogyakarta.
  • Gambar burung. Terinspirasi dari burung elang yang gagah berani, sebagai lambang untuk selalu mencoba hal baru, terutama tentang jurnalistik.
  • Warna Putih. Putih = murni = tidak tercampur. Maksudnya, semua karya yang ada di Julink murni dari para anggotanya, tanpa menjiplak atau sekedar copy paste.

Secara garis besar, logo tersebut memiliki makna bahwa ekstrakulikuler jurnalistik SMA Negeri 5 Yogyakarta ingin menjadi sumber inspirasi, hiburan dan informasi bagi warga Mache, yang anggotanya selalu berani mencoba hal-hal baru. Teman yang mendesain logo ini adalah salah satu Julink member yaitu Afifah Nur Rohman. Sedangkan secara grafis dikerjakan oleh Ryan Setiawan Saputra.

Keanggotaan Jurnalistik Lima Ngayogyakarta
Anggota Klub Julink Mache terdiri dari kelas X dan kelas XI, meski kelas XII kadang ikutan ‘nimbrung’ juga disetiap pertemuan. Open recruitment selalu dibuka setiap tahunnya. Bergabung dengan Klub Julink bukan tanpa syarat. Ada dua syarat utama yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh calon anggota. Pertama, belajar dan berlatih. Kedua, komitmen. Keduanya diperlukan untuk mengasah bakat calon anggota dan membesarkan nama Julink Mache. Susunan kepengurusan dibagi menjadi dua yaitu pengurus harian dan keredaksian. Pengurus harian terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Koordinator kelas X, dan Koordinator kelas XI − dipilih, dimusyawarahkan, dan diputuskan oleh Julink Member. Sedangkan keredaksian –masing-masing untuk BSP, Mini Julink, Koran Dinding, dan Apache− ditentukan melalui rapat redaksi.

#

− Nisya Rifiani −

Terimakasih untuk tambahan referensi yang berharga :
Wahyu Lupitasari, Alifah Amalia, Afifah Nur Rohmah, Fisabella Ayuning P., Pramesti Nurul Huda, Tifany Irawati, Ryan Setiawan Saputra.

Didedikasikan untuk : Semua anggota Julink Mache – semua angkatan


2 komentar:

  1. salam kenal nih, Gue juga blogger dari SMAN 5 Yogyakarta nih. kunjungi blog ane juga ya.
    maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal. Sy udah mampir di blognya lho... keren!

      Hapus