18 Jun 2012

Reportase - Midori No Hi


Festival Budaya Jepang
Midori No Hi

Nishiki 7 of SMA N 7 Yogyakarta menggelar acara Festival Budaya Jepang yang diberi title : Midori No Hi atau dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai ‘Hari Hijau’. Acara diselenggarakan pada hari Minggu, 30 Juni 2008. Bertempat di kampus SMA N 7 Yogyakarta, Jln. MT Haryono No. 47 YK. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Lustrum ke V sekolah tersebut dan sebagai bentuk perhatian atas isu global warming yang tengah merebak pada tahun-tahun terakhir. Festival ini menggabungkan berbagai lomba, yang berhubungan dengan seni kebudayaan Jepang dan seni pertunjukan. Lomba yang digelar antara lain Lomba cerdas cermat Jepang, Lomba membaca dan menulis huruf Jepang, Lomba Igo (catur jepang), Lomba Doujinshi, Lomba Karaoke dan Lomba menghias bento (bekal makan).
Acara siang hari makin meriah pada cosplay competition. Sistem penilaian yang dilakukan secara individual/perorangan tak membuat para cosplayer berhenti tampil ber-cabaret (bersama-sama). Kelompok cabaret ‘Amanogawa’ sukses menarik perhatian dengan aksi cabaret show One Piece yang menampilkan karakter anime Luffy, Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Chopper, & Nico Robin, serta Soge King. Pada event ini pula diperkenalkan karakter ‘Pocongman’ besutan Bagas Prasetyadi dan Nawa Rie Eda dari J-Toku. Pocongman ini nantinya akan dirilis dalam bentuk karya audio-visual dengan genre superhero. Tujuannya adalah mengikis image pocong yang selalu menyeramkan, terutama di mata anak-anak.
Puncak acara ini adalah pertunjukkan musik yang menampilkan band lokal yang membawakan musik Jepang. Band yang tampil membawakan lagu-lagu dari musisi jepang yang terkenal, satu band khusus membawakan lagu-lagu dari satu musisi. Menampilkan sejumlah band yang sudah akrab dengan penggemar Jepang-Jepangan Jogja antara lain Yuuki Testman (covering Gackt), Watershield (covering Gazette), Mad Ugly Kingdom (covering Dir En Grey), Waza (covering Larc En Ciel), Kira (covering YUI) dan Rev De Key (covering Kagraa).

#

Review by              : Nisya Rifiani

Sorry, No Picture

0 komentar:

Posting Komentar