9 Jun 2012

Reportase - Kimochi Fest


Euforia Jepang-Jepangan ; Ciuman di Panggung Kimochi

Foto : Taufan Afid

Demam Jepang-Jepangan di Kota Pelajar ini nyatanya belum surut. Terbukti dengan gelaran KimochiFest dalam rangkaian acara Gelegar Pesta Komputer – Festival Komputer Indonesia 2011 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC), 8 – 12 Juni 2011 lalu. KimochiFest tahun keempat ini bukan hanya menyedot penonton yang kebanyakan pecinta Jepang tetapi juga pengunjung pameran komputer. Mereka sangat antusias dan sangat terhibur.
KimochiFest menyuguhkan berbagai aksi dan atraksi yang memanjakan pengunjung – terutama para fans Japanese. Dari musik akustik hingga berbagai kompetisi, mulai dari Cosplay Competition, Cabaret Competition, Dance Competiton, hingga rangkaian Korean-Pop Competition, dan juga pameran produk. Acara ini menjadi sarana bagi penggemar Jejepangan untuk berkumpul, berkreasi, dan ajang cari teman dan relasi.
Salah satu acara paling menarik perhatian pengunjung adalah cosplay dan cabaret. Penampilan peserta yang heboh, gokil, dan kocak sangat menghibur pengunjung yang menyaksikan. Salah satu pasangan cabaret Zaskia Recca dan Burhan Kurnia Riyadi – yang memerankan karakter Sakura dan Syaoran Li dari anime Tsubasa Reservoir Chronicle mengaku sedikit nervous karena harus menari berpasangan dan beradegan ciuman di panggung dan ditonton banyak orang, mereka harus menampilkan performa terbaik supaya tidak mengecewakan penonton. “Tenang, kita cuma pura-pura kok. Nggak ciuman beneran. Lagian pas adegan itu ditutup pake’ jubahnya Syaoran,” kata cewek yang baru lulus SMA itu. Lain halnya dengan Rajendra Agillion Andika Saputra, pada pengalaman pertamanya menjadi cosplayer ia sangat senang dan menikmati perannya sebagai Kurogane.
Cabaret Competition dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama merupakan babak penyisihan yang menyisakan tiga besar kelompok cabaret yang akan kembali unjuk gigi di Final KimochiFest – untuk menentukan urutan pemenangnya. Melalui dua kali performa, akhirnya juara pertama Cabaret Competition dimenangkan oleh Amanogawa (Komunitas Cosplay SMA Negeri 1 Depok). Juara kedua dimenangkan oleh Geng Keren (Semarang). Disusul oleh Anata (SMA Negeri 5 YK) di posisi ketiga.
“Kostum yang menarik, latar musik yang mendukung, cerita yang mudah dimengerti, dan performa yang sukses di panggung, adalah poin penting untuk menampilkan cabaret yang bagus. Poin tersebut sudah dimiliki ketiga kelompok dan sama bagusnya, tetapi Amanogawa mempunyai kekuatan dalam hal penjiwaan karakter, akting, dan ekspresi sehingga bisa keluar sebagai juara pertama”, tutur Sulis, salah satu juri lomba Cabaret Competition. Jawara Amanogawa memang langganan juara di Kimochifest dan acara-acara serupa, meski demikian mereka tetap rendah hati, bahkan sangat mengapresiasi karya rival mereka. Wah… salut deh!

(Nisya Rifiani & Putut Suryojati)

 Geng Tsubasa Reservoir Chronicle 1 - Foto oleh Anata


 Rajendra Agilion (Kanan)
 Aksi Amanogawa, pemenang cabaret Kimochi 2011 - Foto Oleh Taufan Afid
Zaskia Recca & Burhan Kurnia Riyadi - Foto oleh Taufan Afid


Artikel ini telah dipublikasikan di Majalah Remaja BIAS – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DIY – Edisi 2 Tahun XV / 2011

0 komentar:

Posting Komentar