23 Jun 2012

Sekilas Produk Jurnalistik Lima


BULETIN SUARAPUSPA KAMPUS PUSPANEGARA

Produk Jurnalistik Lima Ngayogyakarta

1.       Majalah Sekolah “Buletin Suara Puspa
Majalah sekolah SMA Negeri 5 Yogyakarta bernama “Buletin Suara Puspa” atau yang lebih sering disebut dengan “BSP” saja BSP diterbitkan oleh Klub Jurnalistik Lima sebanyak satu sampai dua edisi per tahun ajaran. BSP mengusung talk line : “Media Kreasi dan Komunikasi Pelajar SMA Negeri 5 Yogyakarta”.
BSP adalah sebuah wadah kreatifitas karya-karya jurnalistik para machekers dimana karya tersebut dapat dimuat dan diterbitkan dalam sebuah majalah sekolah. Meski BSP diterbitkan oleh Klub Jurnalistik Lima tetapi warga mache lainnya juga boleh lho mengirim karya jurnalistik mereka dalam bentuk naskah, gambar atau foto untuk dimuat dalam BSP. Tidak terbatas siswa saja, guru, karyawan dan alumni boleh saja mengisi dalam salah satu rubrik. Pokoknya masih termasuk keluarga besar Puspanegara, asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.




BSP #23 Special Edition :: All About Music

2.       Majalah Dinding “APACHE”
Majalah dinding SMA Negeri 5 Yogyakarta bernama “APACHE”. Apache merupakan singkatan dari “Apresiasi Anak Mache”. Nama Apache digunakan dalam majalah dinding yang diterbitkan/dipasang di sekolah maupun majalah dinding yang diikutsertakan dalam berbagai lomba.

3.       Newsletter “Mini Julink”
Newsletter SMA Negeri 5 Yogyakarta bernama “Mini Julink”. Mini Julink adalah media supplement yang diterbitkan dalam bentuk satu lembaran kertas seperti brosur. Mini Julink memuat berita informasi intern khusus SMA N 5 YK yang terangkum dalam rubrik SEKAM atau Seputar Kampus. Mini Julink terbit tak berkala, biasanya terbit di awal tahun ajaran baru sebagai perkenalan Klub Jurnalistik Lima. Mini Julink juga terbit mengiringi event-event yang diselenggarakan di Mache.

4.       Koran Dinding “Mini Julink”
Koran Dinding “Mini Julink” adalah sebuah hasil transformasi dari newsletter Mini Julink. Newsletter Mini Julink terkadang muncul dalam bentuk lembaran kertas A3 yang ditempel di papan pengumuman dan dinding-dinding kelas. Maka formatnya berubah, bukan lagi dalam bentuk newsletter, melainkan koran dinding (kording). Meski demikian Mini Julink dalam bentuk newsletter masih kerap terbit. Untuk itu produk newsletter dan kording Mache mempunyai nama yang sama yaitu “Mini Julink”. Koran dinding awalnya digunakan untuk penyebutan karya jurnalistik machekers yang diterbitkan di surat kabar yaitu di Bernas Remaja (2 kali terbit) dan Kaca Kedaulatan Rakyat (terbit 1 kali).

#

Nisya Rifiani

Bergabung dengan Julink Mache :
Th. Ajaran 2003/2004 (BSP #22)
Th. Ajaran 2004/2005 (BSP #23)

Mengajar di Julink Mache :
Th. 2006 s/d present

0 komentar:

Posting Komentar