31 Okt 2019

Komitmen Qasir Berikan Layanan Cuma-Cuma untuk UMKM

KOMITMEN QASIR BERIKAN LAYANAN CUMA-CUMA UNTUK UKM
 
QUMPUL QASIR
QASIR GOES TO YOGYAKARTA


Kontribusi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dewasa ini terus diupayakan agar terus meningkat. Pasalnya, UKM kini memiliki posisi penting dalam keberlangsungan perekonomian Indonesia. Sektor ini menyumbang produk domestik bruto hingga 60,34%, dan terus tumbuh dari tahun ke tahun. UKM juga berperan membuka lapangan perkerjaan bagi 96,87% angkatan kerja di Indonesia. Saat ini, ada 59,2 juta pelaku UKM di Indonesia. Artinya, kelompok ini merupakan kelompok usaha terbesar. Eksistensi dan keberlangsungannya harus terus didukung agar memberikan dampak positif bagi perekonomian negara.

Persoalan keberhasilan usaha memang ditentukan banyak faktor. Barangkali pencatatan transaksi dan akuntansi yang baik adalah salah satu penghambat bagi lajunya UKM. Karena tidak semua pelakunya memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. QASIR hadir sebagai alternatif solusi agar para pelaku usaha lebih mudah mengelola usahanya sehingga semakin fokus mengembangkan usahanya.

Qasir merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan para pelaku usaha, terutama UKM.  menekankan proses transaksi, pembayaran dan supply chain automation dengan mendigitalisasi data pilihan produk dagangan dan mengintegrasikannya langsung dengan pencatatan akuntansi sehingga mempercepat proses perhitungan akhir. Proses ini akan menjadi data untuk mengetahui merchant mana yang membutuhkan suntikan dana. Mengingat 90% pengguna kasir tidak memiliki akun rekening bank.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur dasar yang detil, seperti alat hitung transaksi dan rekap penjualan, kelola dan monitor stok barang, kelola toko cabang, hingga pengelolaan kasbon. Qasir juga memiliki fitur penghitung pajak yang memudahkan penggunanya melakukan perhitungan jumlah setoran pajak secara otomatis.

QASIR berangkat dari para penggagasnya yang memiliki tujuan mulia, yaitu ingin berkontribusi bagi UKM. CEO Qasir, Michael Williem, mengatakan "Kami melihat dorongan masyarakat untuk berwirausaha semakin besar dan dampak yang dihasilkan sangat luas. Maka kami ingin berkontribusi memperkuat UKM di Indonesia dengan memberikan solusi yang signifikan bagi keseharian usaha hingga berdampak positif secara jangka panjang."

Sabtu, 26 Oktober 2019, QASIR menggelar acara QulQas Goes to Yogyakarta. QulQas sendiri merupakan akronim dari Qumpul Qasir, sebuah kegiatan yang mengumpulkan berbagai elemen masyarakat. Gelaran kali ini bertajuk "Empowering Equal Economic Opportunities for SME's Through Technology" (Memberdayakan Peluang Ekonomi yang Setara untuk UMKM melalui Teknologi). Acara ini diselenggarakan di Sakura Room, Foodcourt Jogja Paradise, Jl. Magelang Sleman, DIY. 

Event ini menjadi ajang untuk memperkenalkan Qasir kepada masyarakat pada umumnya. Sekaligus sebagai ajang gathering para pelaku usaha baik yang sudah mengunakan aplikasi Qasir, maupun yang belum menggunakan aplikasi Qasir. Hadir pula dalam rangkaian acara ini media dan blogger. Beruntung, saya bisa hadir di acara ini, dan mengikuti acara ini dari awal sampai akhir.

Perkenalkan QASIR dikemas dalam bentuk talk show. Sesi tersebut disambung dengan hadirnya pembicara keren. Yaitu dari Tokopedia, GameLoft, dan Tani Hub.




0 komentar:

Posting Komentar