6 Jul 2019

Taman Air Menari. Pasca Renovasi, Jadi Favorit Bagi Anak-Anak.

EVENT REPORT

TAMAN AIR MENARI
PASCA RENOVASI, JADI FAVORIT BAGI ANAK-ANAK

Ada suasana berbeda di Taman Pintar Yogyakarta, Selasa, 2 Juli 2019.
Ramai! Balita dan anak-anak, yang ditemani kakak atau orang tua mereka, berkumpul di sisi timur Taman Pintar Yogyakarta, tepatnya di area playground outdoor. Ada wajah baru di wahana luar ruangan tersebut, yaitu Wahana TAMAN AIR MENARI. Suara riang anak-anak nyaring terdengar, bersahut-sahutan. Teriakan dan kegembiraan mereka pecah saat air mulai meluncur dari spot bawah. Luncuran air tersebut menjadi penanda dibukanya kembali Wahana TAMAN AIR MENARI Taman Pintar Yogyakarta, atas dasar kerjasama dengan Danone dan Sarihusada.




Taman Pintar Yogyakarta, bersama Danone dan Sarihusada, secara resmi meluncurkan kembali TAMAN AIR MENARI, Selasa, 2 Juli 2019. Taman Air Menari diresmikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Ibu Afia Rosdiana, Mpd (Kepala Bdang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta). Bersama dengan Bapak Karyanto Wibowo (Sustainable Development Director Danone Indonesia), dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA (K) (Dokter Spesialis Anak) dan Sarah Diorita (ibu satu anak yang kerap mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta). Taman Air Menari merupakan salah satu wujud komitmen dan dukungan Danone di Indonesia, bagi anak-anak, orang tua, dan keluarga di Yogyakarta pada khususnya.


Wahana TAMAN AIR MENARI hadir setelah direnovasi, tampilan barunya ini menjadi lebih cantik dan berwarna-warni. Hhmm, pasti seru ya bermain air di situ! Benar saja, sedetik setelah air meluncur, anak-anak bergembira ria bermain air di area playground tersebut. Anak-anak yang tadinya hanya berkumpul mengintari wahana, segera bergabung dengan kawan-kawan mereka dan bermain bersama, meski diantara mereka ada yang tidak saling kenal.

Selain luncuran air dari spot bawah, TAMAN AIR MENARI juga dilengkapi dengan wahana permainan dan meriam air yang diletakkan di beberapa sudut strategis. Meriam itu ditembakkan anak-anak ke arah teman-teman mereka. Dengan adanya meriam air ini, anak-anak jadi lebih tertarik bermain di wahana yang dapat merangsang syaraf motorik dan mengembangkan imajinasi ini. Wahana ini juga mendorong anak-anak untuk berani berekspresi dan berkesplorasi di luar ruangan.

Saya seolah tersirap oleh keceriaan mereka, rasanya ingin ikutan main bersama di sana. Apalagi, Wahana TAMAN AIR MENARI berada tepat di bawah pohon rindang, jadi tidak usah khawatir akan terkena sinar matahari yang menyengat. Area dengan warna-warna yang ceria ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik, lho. Di area Taman Air Menari juga disediakan tempat bilas setelah puas bermain air.

Untuk dapat bermain dan melakukan berbagai permainan air yang tersedia di Wahana TAMAN AIR MENARI, pengunjung tinggal datang saja. Siapa pun kamu, dapat mengunjungi wahana ini secara cuma-cuma alias gratis. "Dengan kehadiran wahana ini yang dapat diakses secara gratis oleh pengunjung, kami berharap akan semakin banyak anak dan orang tua yang medapatkan edukasi dan memanfaatkan fasilitas stimulasi luar ruangan untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak," kata Bapak Karyanto Wibowo.


 Sejak 2004, Danone Indonesia melalui Sarihusada, mendukung program edukasi dan fasilitas edukatif di Taman Pintar Yogyakarta. Antara lain Program Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Wahana Jejak Nutrisi dan Zona Kebaikan Air. Wahana TAMAN AIR MENARI melengkapi program dan wahana tersebut. “Dukungan tersebut merupajan salah satu wujud dari misi Danone, One Planet One Health. Yaitu misi untuk membawa kesehatan bagi sebanyak mungkin orang di dunia ini, melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur,” kata Pak Karyanto Wibowo.

Baca Juga :
SGM Bunda Edukasi Para Ibu Lewat Event Festival Bunda Generasi Maju

Bicara tentang aktivitas fisik yang teratur, Riskesdas (2018) merilis data bahwa 33,5% masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh. Pada usia anak dan remaja, aktivitas fisik juga membantu stimulasi motorik halus, motorik kasar, dan penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak. Perilaku hidup bersih dan sehat, serta nutrisi dan hidrasi sehat yang dibutuhkan tubuh, akan dibahas pada mini talkshow dalam rangkaian acara peluncuran TAMAN AIR MENARI di Taman Pintar Yogyakarta.


 Rangkaian Peluncuran Kembali TAMAN AIR MENARI ditautkan dengan mini talkshow yang dilaksanakan pada hari yang sama, Selasa, 2 Juli 2019, di Science Theatre Taman Pintar Yogyakarta. Talkshow ini menghadirkan narasumber dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA (K) (Dokter Spesialis Anak) dan Sarah Diorita (ibu satu anak yang kerap mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta). Gelaran ini dihadiri oleh awak media massa, cetak maupun on-line

Dalam mini talk show, dr. Mei Neni menyampaikan tentang masa kembang anak yang dimulai dari masa 1000 hari pertama kehidupan yaitu dari sejak konsepsi dalam kandungan hingga usia remaja. Dokter Mei Neni juga  menyampaikan tentang pentingnua orang tua untuk mendukung gaya hidup sehat dalam keluarga dengan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang dan beraktivitas fisik yang cukup, termasuk mengenalkan makanan sehat pada anak dengan mengikuti panduan ISI PIRINGKU.

Sarah Diorita, ibu satu anak yang kerap mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta, juga berusaha untuk menerapkan gaya hidup sehat dan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang dalam keluarganya, terutama pada anaknya. Istri Erros Chandra, personel grup musik Sheila on 7 ini membagikan pengalamannya dalam menghadapi tantangan medan tips-tips menerapkan pola hidup sehat.

#

HOW TO GET THERE?

TAMAN AIR MENARI bisa diakses pengunjung melalui pintu utama Taman Pintar Yogyakarta. Dari gerbang utama, silakan pengunjung berjalan masuk menuju ke arah utara. Lalu berbeloklah ke kanan (ke arrah timur), jalan sedikit, sampe dehhh. Jika pengunjung masuk dari pintu samping sebelah timur, pengunjung hanya perlu berjalan lurus.

TAMAN PINTAR YOGYAKARTA
Jl. Panembahan Senopati No. 1 – 3 Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kode Pos 55122.

[ Map ]


(Nisya Rifiani)

0 komentar:

Posting Komentar