5 Des 2012

UP RISING STAR :: PLAN B



PLAN B - MUSIK & EKSPRESI

 
Plan-B, mengusung genre japanese rock atau j-rock - sebuah genre musik asal negeri matahari terbit. Meski musik j-rock masih saja dipandang sebelah mata, tetapi Plan B tetap konsisten bermusik dan berkspresi di jalur ini...

PLAN-B terbentuk karena para personilnya memiliki kecintaan dan minat yang sama terhadap musik Jepang. Kesamaan minat itulah yang kemudian menyatukan empat orang pecinta musik, mereka bergabung dan membentuk band ini. PLAN B pertama kali tampil di acara Hotaru Bunkasai yang bertempat di Hotaru Resto pada tanggal 31 Mei 2009. Tanggal tersebut kemudian disepakati sebagai hari lahir PLAN B. Tanggal tersebut jugalah yang kemudian diresmikan sebagai lahirnya PLAN B untuk meramaikan blantika musik di Indonesia.
Pada awalnya band ini terdiri dari 4 personel yakni Wikan (gitaris), Adit (drummer), Jiwo (bassist) dan Kei (vokalis). Seiring berjalannya waktu, Plan B kemudian memutuskan untuk menambah personil baru untuk memperkuat musik yang mereka mainkan. Bismo, adalah orang terakhir yang bergabung dengan Plan B. Awalnya ia hanya sebagai gitaris sementara (additional player), namun akhirnya bergabung dengan Plan B sebagai personel tetap. Menjelang tahun ke-empat mereka, formasi ini tetap dipertahankan oleh Plan B.


Meski mengusung musik cadas yang diminati fans japanese music yang spesifik, Plan B juga kerap tampil di event musik umum. Plan B tidak hanya tampil di acara umum dan acara bertema Jepang saja, Plan B juga memiliki prestasi di bidang musik yaitu Juara 3 J-Fest Yume ni Mukatte Merodii (3 Oktober 2010) @ SMA 7 Bunkasai dan Juara 3 J-Fest Valentine ni Wakai Inochi Band Festival (13 Februari 2011) @ SMA Sang Timur. Dalam setiap aksi panggungnya, Plan B selalu membawakan lagu-lagu dari Acid Black Cherry.
Pengalaman manggung Plan B memberikan pengalaman tersendiri bagi masing-masing personelnya. Kenangan paling berkesan dan tidak dapat dilupakan bagi Adit adalah ketika manggung di sebuah acara jepang-jepangan di taman kuliner, karena saat itu ia merasa sangat enjoy bermain musik. Plan B biasa kongkow di rumah Jiwo di kawasan taman cemara yang juga digunakan sebagai basecamp mereka. Latihan rutin juga mereka laksanakan setiap hari sabtu dan minggu di sebuah studio musik di kawasan Godean, Sleman.
Plan B punya tips tersendiri supaya band mereka tetap kompak. Mereka biasa hang-out dan menghabiskan waktu bareng-bareng. Bagi PLAN B sendiri, musik adalah alat pemersatu. PLAN B memiliki lima personel dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tapi dengan musik, kelima karakter yang berbeda tersebut bisa disatukan. Selain itu, bagi PLAN B, musik juga adalah cara terbaik untuk berekspresi. Para personil PLAN B percaya, musik dapat menyampaikan ekspresi masing-masing personelnya. Karena itulah, PLAN B selalu berusaha untuk dapat menyajikan musikalitas sebaik mungkin... (Nisya Rifiani)

Pengalaman Manggung (2012)
  • OKAERI (Vokasi Mei Matsuri) UGM @Vokasi UGM (20 Mei 2012)
  • Jogja-Japan Week @Jogja National Museum (8 Juli 2012)
  • Manga Fest @Purna Budaya UGM (19 November 2012)

PLAN B - Kontak Person :
Adit 085691181986



Penampilan Plan B di festivaal kebudayaan Jepang

Aksi manggung dengan personel lengkap
(5 orang)

Manggung di event umum


Plan B bersama fans dan orang-orang terdekat

0 komentar:

Posting Komentar