29 Jun 2012

The Powerriders - Generasi Pertama


POWERRIDERS GENERASI PERTAMA
POWERRIDERS ; LIVE IN ACTION
- EDGE Pictures / Edge Films -


POWERRIDERS,
Powerriders -live in action– adalah karakter superhero perdana besutan Edge Pictures. Karakter superhero ini merupakan karakter original bergaya super-sentai Jepang dengan seragam warna-warni. Powerriders terdiri dari empat riders yaitu Golden Eagle, Green Dragon, Red Tiger, dan Shadow Bat. Setiap karakter riders mewakili satu karakter hewan yaitu Elang, Naga, Harimau, dan Kelelawar. Tiap riders dapat dikenali lewat bentuk helm (penutup kepala) yang desainnya menyerupai masing-masing karakter hewan, dan dari warna seragamnya sendiri. Powerriders pertama kali tampil dalam konvoi pembukaan acara KRI – KRCI REGIONAL & UGM ROBOFEST 2009 pada Mei 2009. Dalam acara ini pula launching Powerriders digelar dengan konsep pertunjukan superhero live in action.

Konsep & Kostum
Konsep Powerriders muncul dari ide Bagas Prasetyadi dan Syaiful Bahri. Desain karakter Powerriders -live in action- dikerjakan oleh Bagas Prasetyadi, sedangkan pembuatan kostum ditangani oleh Lichan Ali Warkhan & Tri Amelia L. Bahan yang digunakan untuk merealisasi kostum adalah bahan/kain pakaian olah raga adidas untuk baju dalam, bahan vinyl untuk vest (rompi), pelindung tangan dan sepatu, serta busa hati untuk helm dan belt (ikat pinggang). Bahan-bahan lain juga dipakai sebagai aplikasi tambahan agar kostum sempurna.

Desain kostum Powerriders –live in action- mulai mengalami revisi satu tahun setelah launching. Revisi tersebut antara lain pada helm, ditambahkan rangka baru dan dilakukan pengecatan ulang. Rompi dan pelindung tangan yang telah koyak diganti dengan yang baru, kali ini terbuat dari bahan busa hati. Kostum revisi ini pertama kali ditampilkan dalam cabaret show Powerriders di JOGJAFEST & KIMOCHIFEST, Juli 2010 yang bertajuk Powerriders : Edge of Age.

Event
Powerriders telah ditampilkan dalam berbagai event yakni :
·           KRI – KRCI REGIONAL & UGM ROBOFEST 2009, Mei 2009
·           KRI – KRCI NASIONAL & JOGJA ROBOT EXHIBITION 2009, Juni 2009
·           EARTH DAYS - FAKULTAS KEHUTANAN UGM, Juli 2009
·           ICHIGO GATHERING – XLENT COSPLAY HEROES, November 2009
·           JOGJA KICK FESTIVAL, Desember 2009
·           BIENNALE ANAK JOGJA, Januari 2010
·           JOGJAFEST & KIMOCHIFEST, Juli 2010
·           COSPLAY FOR HUMANITIES I & II, Oktober & November 2010

The Heroes

Golden Eagle
Karakter riders Golden Eagle atau elang emas terinspirasi dari burung elang yang memiliki warna bulu coklat mengkilat sehingga terlihat seperti emas.
Karakter ini pernah dimainkan :
Samgar M. Abdiel, Risca F. Noor, Destian Adiwasesa, & Jessica.
Note : Walaupun karakter ini dinamakan Golden Eagle, seragam riders yang dikenakannya berwarna kuning.





Green Dragon
Karakter riders Green Dragon atau naga hijau.
Karakter ini pernah dimainkan :
Lichan Ali Warkhan, Tri Amelia L., & Caris.
Note : Desain kostum Green Dragon pada awalnya hanya diperuntukkan untuk Lichan (saja), sehingga helm dan kostum Green Dragon hanya bisa dipakai untuk orang yang bertubuh kecil saja.





Red Tiger
Karakter riders Red Tiger atau harimau merah.
Karakter ini pernah dimainkan :
Bagas Prasetyadi, Risca F. Noor, Yosafat Cahya, & Albi Kustaman.
Fun Trivia :
-        Karakter Red Tiger kerap kali dianggap sebagai pemimpin para riders lainnya (seperti representasi super sentai pada umumnya: warna merah adalah pemimpin yang paling kuat), padahal tidak demikian dalam Powerriders –live in action- ini.
-        Karakter Red Tiger dan Green Dragon) pernah digunakan sebagai model/figur dalam video & foto pre-wedding Tri Amalia & Arif, salah satu pencetus Edge Pictures.

Shadow Bat ; Shadow Bat atau kelelawar hitam adalah karakter riders yang diciptakan paling akhir. Terinspirasi dari kelelawar. Pertama kali tampil dalam event EARTH DAYS - FAKULTAS KEHUTANAN UGM pada Juli 2009.
Karakter ini pernah dimainkan : Henky Irawan.
Note : Karakter Shadow Bat tidak pernah sekalipun dimainkan oleh orang lain, selain Henky sendiri.
#


Bersama dua anggota Edge Pictures
 
Powerriders generasi pertama
Foto : Istimewa




(Written by : Nisya Rifiani/EDGE Pictures)

0 komentar:

Posting Komentar