31 Jul 2012

Komunitas - Paguyuban Kembang Seroja


GUYUB BERSAMA PKSI

Hei Hei Hei... Jangan pada salah sangka dulu ya. Komunitas yang satu ini nggak ada hubungannya sama politik itu lho... Tapi, bagi kamu penggemar dan pengamat dunia jepang-jepangan jogja pasti tau kelompok yang satu ini.


PKSI – Paguyuban Kembang Seroja Indonesia, adalah sebuah kelompok yang menampilkan tontonan menarik hasil kolaborasi live action dengan entertainment - secara profesional yang bergerak dalam bidang hiburan panggung. PKSI pada awalnya adalah sebuah klub cosplay cabaret, kemudian berkembang menjadi sebuah kelompok performer. 

PKSI mewadahi anak muda kreatif yang produktif dalam berkarya. PKSI selalu menampilkan aksi yang unik dan orisinil - atraksi-atraksi bela diri dan olah tubuh yang menarik, penuh trik, dan akrobatik dengan bumbu cerita yang menegangkan dengan sejumlah humor di dalamnya. Setiap performance-nya dirancang dan di-koreografi oleh mereka yang ahli dalam bidangnya. PKSI menawarkan konsep kombinasi yang unik antara cosplay, aksi teatrikal, dan atraksi olah tubuh. 

Mengapa “Paguyuban Kembang Seroja”?
Gabe, sebagai perwakilan dari PKSI menjelaskan dengan berapi-api. “Itu tanda semangat cinta tanah air, tanpa harus menjadi konservatif maka dipilihlah nama ini bagi kelompok kami. Rasanya Indonesia banget...!” jelasnya. Belakangan kemudian ditambahkan label Indonesia sebagai identitas bangsa dan negara. Basecamp PKSI ada di Joglo Jago / Gono Art Studio, Jln. Wirojoglo Wirosaban Barat 3, Jogjakarta (KP. 55162).

PKSI telah meresmikan diri sejak 18 November 2008 silam. Saat itu, PKSI hanya eksis dengan 7 pemain (aktor & aktris) dan 3 orang staff saja. Penampilan perdana mereka yaitu cabaret show yang menampilkan cerita dari salah satu video game yang ngetop di era tahun 1980 hingga 1990an, Street Fighter. Street Fighter ala PKSI yang ditampilkan dalam event Martial Art Expo @Galeria Mall Jogjakarta ini berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama para anak muda.

Sambutan dari penonton juga luar biasa. Kesuksesan ini bikin PKSI kebanjiran order. Nggak hanya itu, makin banyak juga orang-orang yang tertarik bergabung dengan PKSI. Sejak saat itu, PKSI udah beraksi dalam berbagai acara, berbagai event. Dalam usianya yang terhitung cukup muda, PKSI telah berkembang menjadi salah satu kelompok performance yang cukup produktif dan dipercaya menjadi pengisi sejumlah acara. Baik dalam acara jepang-jepangan, maupun dalam event umum. PKSI merupakan alternatif tontonan yang menarik bagi semua orang, baik penggemar cosplay ataupun masyarakat awam. 

PKSI kerap mengangkat cerita yang diambil dari anime maupun video game. Maka tak heran banyak orang salah mengartikan, PKSI hanyalah kelompok cosplay cabaret biasa. Padahal kenyataannya, lebih dari itu. PKSI selalu menampilkan atraksi menarik perpaduan seni teater, bela diri, spesial efek, dan cosplay. PKSI telah mementaskan berbagai aksi cabaret show. Beberapa penampilan PKSI yaitu :

Penampilan Cabaret ::
Cosplay Fighting Championship @ Galleria Mall Jogjakarta (2 November 2008)
Sannin Party @ SMA N 1 Surakarta Jawa Tengah (1 Desember 2008)
KimochiFest 2009 @ UKDW Jogjakarta (15 November 2009)
KickFest Yogyakarta: The Parade 2009 @ GOR UNY Jogjakarta
(18, 19, 20 Desember 2009)
-Bandung Lautan Mainan@ Pasteur Hyperpoint Bandung (April 2011)

Event (Participant) ::
Soccerphoria Cekidot @ UPN Jogjakarta (9 Juli 2010)
Chronicles Of Sarah Connor @ Boshe Jogjakarta (14 Juli 2010)
Yamaha Gathering @ Lapangan Denggung Sleman Jogjakarta (26 Juli 2010)
OKA UKDW @ Jogjakarta (13 Agustus 2010)
Honda New MegaPro Gathering @ McD Sudirman Jogjakarta (2 Oktober 2010)
Kick Community The Parade II @ Jogjakarta (Desember 2010)
Parade Kebersamaan @ Jln. Malioboro Jogjakarta (Maret 2012)
Cosplay Party (Main Guest) @ Hugo's Cafe Jogjakarta (April 2012)

Icon ::
Provider 3 (Three) @ Ambarrukmo Plaza Jogjakarta (Januari - Februari 2009)
Robofest - Kontest Robot Cerdas Indonesia @UGM Jogjakarta (17 & 18 Juli 2009)
“Mask Of Heroes” @ Liquid Cafe Jogjakarta (31 Desember 2009)
“Ruwatan Buku” @ TB Toga Mas Jogjakarta (12 - 15 Februari 2010)
Moviebox @ Kickfest 2010 Jogjakarta (April 2010)
Suzuki Gathering @ Malioboro Jogjakarta (Juni 2010)

PKSI bekerja sama dengan EDGE Films, sebuah pegiat film yang memproduksi karya audio-visual terutama dengan genre science-fiction – superhero. Menampilkan karakter milik EDGE Films, Powerriders yang futuristik. Powerriders –Live in Action- merupakan karya gabungan yang telah dipentaskan dalam berbagai event dengan tema berbeda satu sama lain. Bersama PKSI  Powerriders –Live in Action- telah dipentaskan dalam event :

XLent Cosplay Heroes @ Swaragama FM, Jogjakarta (7 November 2009)

The Powerriders - Age of The Dark
KimochiFest 2010 @ JEC Jogjakarta (4 Juli 2010)

Jogja Negeri Boneka @ Taman Pintar Jogjakarta (6-8 Agustus 2010)

Bienalle Anak Jogja 2010 @ Taman Budaya Jogjakarta (18-22 Januari 2010)

Syuting film "The Powerriders - Movie" (Juli-September 2011)

Kegiatan PKSI nggak terbatas pada aksi live show aja lho. Nah, yang unik adalah PKSI punya kelas pengembangan diri.

Kelas Teater. Kemampuan akting yang bagus adalah skills yang wajib dimiliki oleh entertainer sejati. Para aktor dan aktris di PKSI dibekali dengan materi-materi akting untuk mendukung penampilan mereka supaya lebih oke. Olah gesture, olah vokal, dan seni penguasaan panggung adalah tiga materi dari sekian banyak materi yang diajarkan. Meski cuma komunitas, tapi kelas ini dibimbing oleh praktisi yang menguasai bidangnya. Kelas Teater dibimbing oleh Andre, dari Teater Universitas Ahmad Dahlan. Andre kini telah bergabung dengan PKSI.

Kelas Bela Diri. Nggak cuma kemampuan akting aja yang dipelajari personel PKSI, mereka juga dibekali dengan skills bela diri, olah tubuh, dan olah stamina. Pada kelas ini mereka kudu latihan secara rutin dan ketat dibimbing oleh insan bela diri yang handal. Kelas bela diri dibagi menjadi dua bagian.
Pertama, kelas hard-core yaitu jenis bela diri yang lebih mengandalkan kekuatan fisik. Jenis bela diri yang diajarkan diantaranya boxing dan kick-boxing. Kelas ini dibimbing oleh Gabe dan Ippey.
Kedua, kelas soft-skills yaitu jenis bela diri yang lebih mengandalkan teknik. Jenis bela diri yang diajarkan diantaranya wu-shu, wing-chun, akrobatik, dan lain sebagainya. Kelas ini dibimbing oleh Destyan dan Albi.
Kelas Bela Diri dilaksanakan secara rutin, setiap hari selasa dan jumat di Jamace Sport Center (Jl. Laksda Adisucipto) mulai jam 17.00 hingga jam 21.00. Gimana, udah kayak paguyuban silat beneran kan...?

Eits, bukan cuma itu aja...
Buat kamu yang suka menulis, PKSI juga punya wadah untuk mengembangkan kreativitas kamu. Bergabunglah dengan Tim Penulis PKSI. Tim ini-lah yang mempersiapkan cerita dan naskah yang akan dipentaskan.
Bagi kamu yang ingin belajar ilmu management, langsung aja bergabung dengan Tim Pengurus Harian dan Tim Staff. Tim Pengurus Harian bertugas untuk mengatur management komunitas secara keseluruhan. Tim Staff bertugas membantu Tim Pengurus Harian dan bekerja pada saat pra-pementasan dan pada saat pementasan.
Jangan diremehin lho tugas Tim Staff ini. Karena, Tim Staff sebenarnya punya peran yang sama pentingnya dengan aktor dan aktris yang tampil di panggung. Tanggung jawabnya diantaranya adalah memastikan kelancaran pementasan secara keseluruhan, misalnya memerhatikan situasi & kondisi venue, dan lain-lain.

Masih ada keuntungan lain nih jika kita bergabung dengan PKSI. Kita juga diberi keterampilan membuat, mengolah, dan mengelola kostum & properti. Berbagai tutorial, tips, and trick tentang make and re-make kostum & properti bisa kita dapatkan ilmunya dari komunitas ini. Yang asyik, kita nggak cuma dapat ilmunya aja tapi juga wajib coba, alias praktek, alias bikin sendiri kostum & properti yang kita mau atau kita butuhkan. Oks banget kan...

PKSI terbuka buat kamu yang pengen mengembangkan diri, meningkatkan skills & knowledge, memupuk rasa percaya diri, dan mengasah minat & bakat di bidang bela diri. Plus-plusnya, kamu punya kemampuan management dan cipta kostum & properti. Alhasil, tiap  orang bakal punya kemampuan ekstra.

Buat kamu yang masih penasaran sama PKSI jelajahi lebih lanjut blog keren ini. Temukan review tentang aksi live action PKSI disertai dengan dokumentasi & video streaming-nya. Atau, langsung aja click di search engine kesayangan dengan keyword ‘Paguyuban Kembang Seroja’.

CP. Paguyuban Kembang Seroja Indonesia
Gabe       : 08122789244
Rachma   : 08562546586
Cintya     : 087838125727

Email                     : kembang_seroja@hotmail.com
Facebook Fan Page  : Paguyuban Kembang Seroja Indonesia

#

Review by : Nisya Rifiani / Juli 2012 – untuk Achmad Choirul Sidiq

--------------------------------------------------------------------------------------------

Paguyuban Kembang Seroja Indonesia - versi lengkap
Download

BIAS 2012 Edisi #10 Komunitas Paguyuban Kembang Seroja Indonesia
Download

0 komentar:

Posting Komentar