15 Jun 2012

Hobby - Fun with Felt (1)

HOBBY

Pertama kali terfikir di benakku untuk mengisi halaman ini dengan profil teman-teman yang menekuni hobi tertentu. Hhhmmm, bagus juga kan… Tapi, kenapa aku tidak memulainya dengan menuliskan tentang hobiku sendiri??? Hahaaa… Ya. Akhirnya, halaman pertama tags ‘hobby’ ini akan mengulas hobiku pada kreasi dari kain flanel…

FUN WITH FELT/FLANEL(1)

Sekilas Tentang Flanel

Felt atau Flanel merupakan jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Flanel adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya.

Banyak bangsa yang memiliki legenda dalam kebudayaannya tentang pembuatan kain flanel ini. Jenis kain flanel yang sangat rumit ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M. Legenda dari Sumeria mengklaim bahwa pembuatan flanel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi membuat kain felt juga dipraktikan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat permadani, tenda, atau pakaian. Di Barat flanel juga digunakan secara luas sebagai media untuk berekspresi dalam dunia seni tekstil seperti halnya seni desain.
Penggunaan material flanel yang lain di antaranya dalam industri otomotif untuk mengurangi getaran pada panel interior, untuk melapisi bagian atas meja biliar, dan untuk membantu menghasilkan suara yang bersih pada simbal drum atau pada piano. Sejak pertengahan abad ke 17 sampai dengan sekarang kain felt juga digunakan sebagai bahan pembuat topi para pria.

Warna-Warni Kain Flanel

Kini, kain flanel banyak dikreasikan pada banyak produk yang bernilai lebih tinggi dari sebelumnya. Trend yang berkembang dalam masyarakat semakin melahirkan bermacam produk dikombinasikan dengan hiasan kain flanel. Bentuk desainnya pun menjadi lebih bervariasi. Kain Flanel juga dapat digunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan atau handicraft. Kain flanel yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah kain flanel khusus kerajinan tangan. Warnanya bermacam-macam dan teksturnya lembut, sehingga sangat menarik untuk dikreasikan dan aman bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan. Kain flanel jenis ini bisa didapatkan di toko-toko yang menyediakan bahan kerajinan. Hasil kreasi kain flanel misalnya coin purse (dompet lain), keychain (gantungan kunci), phone-straps (gantungan handphone), dan lain-lain.

− Nisya Rifiani / Berbagai Sumber −

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selanjutnya…
Nantikan artikel lainnya tentang flanel
Petunjuk dasar, tips and trick, hingga kreasi kain flanel bisa kalian dapatkan di blog keren ini. Tapi, sabar ya… postingan tentang kerajinan flanel akan di-upload secara bertahap.

0 komentar:

Posting Komentar