1 Mar 2013

Kuliah Komunikasi - Studi Mediasi 3 (Review)



KULIAH KOMUNIKASI
STUDI MEDIASI (Bagian III)
Review by : Nisya Rifiani

4.    Mediasi atas Permainan Video Gem dan Internet
Bersama dengan perkembangan teknologi, relasi anak-anak dengan media pun telah berubah secara drastis. Anak-anak tidak lagi hanya membaca komik atau pun menonton televisi. Mereka juga menghabiskan waktu pada teknologi komunikasi dan media baru, seperti permainan video gem (video game) dan permainan gem internet (on-line game). Bagi orang tua hal ini merupakan sebuah tantangan dalam proses menjembatani media dengan anak-anak mereka, dimana orang tua harus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Anak-anak yang dibesarkan dalam era media digital tentu saja lebih lebih intensif dalam menggunakan media baru dibandingkan dengan orang tua mereka. Tanpa mediasi yang tepat, dikhawatirkan anak-anak mendapatkan terpaan media yang negatif.
Pada sejumlah penelitian orang tua atas video gem masih menggunakan tiga jenis mediasi atas televisi. Strategi mediasi yang diterapkan pada televisi pada umumnya berlaku juga bagi mediasi yang diterapkan pada permainan video gem(1). Catatan yang perlu diingat adalah strategi mediasi atas televisi tidak dapat diterapkan begitu saja, perlu banyak adaptasi untuk menerapkannya kedalam situasi mediasi atas permainan video gem. Hal ini karena terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaan utama antara keduanya adalah kegiatan menonton televisi adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama sebagai aktivitas keluarga, sementara kegiatan bermain video gem biasanya adalah kegiatan yang dilakukan sendirian (solitary), baik dalam permainan video gem dalam PC, konsol, maupun permainan video gem yang mudah dibawa kemanapun (portable) seperti Gameboy dan PSP.
Sikap orang tua dalam mediasi anak-anak menonton televisi umumnya juga berlaku pada cara menangani anak-anak bermain video gem. Orang tua mempunyai objektifitas tersendiri yang akan menentukan apakah mereka melarang anak-anak mereka bermain gem tertentu atau tidak, bermain bersama dengan anak-anak mereka, atau berdiskusi dan mengkritisi isi permainan video gem. Tetapi tidak semua orang tua mampu mediasi anak-anak bermain video gem dengan baik, tidak semua orang tua mampu menentukan apa sebenarnya yang harus dilakukan ketika anak-anak berinteraksi dengan permainan video gem.
Pada sebuah penelitian tentang mediasi atas permainan video gem yang dilakukan di Eropa menunjukkan bahwa strategi mediasi atas televisi dan permainan video gem diterapkan dengan cara yang hampir sama. Orang tua memiliki keyakinan akan dampak permainan video gem sama menakutkan dengan dampak televisi, sehingga mereka melakukan mediasi atas permainan video gem yang dengan cara yang sama untuk mediasi televisi.
Orang tua mengontrol atas permainan anak-anak. Meski pada awalnya orang tua menunjukkan berbagai sikap pro dan kontra, akhirnya mereka bermain bersama anak-anak mereka sebagai salah satu usaha mediasi. Namun usaha orang tua dalam mediasi atas televisi lebih mempunyai kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan mediasi atas permainan video gem. Sementara itu, anak-anak pada umumnya menyadari srategi mediasi yang diterapkan oleh orang tua. Meski pada kenyataannya mereka tidak selalu mematuhinya.
#

DAFTAR PUSTAKA
1.         Nikken, Peter. Loc cit.

0 komentar:

Posting Komentar