KULIAH KOMUNIKASI
STUDI MEDIASI (Bagian III)
Review
by : Nisya Rifiani
4. Mediasi
atas Permainan Video Gem dan Internet
Bersama dengan
perkembangan teknologi, relasi anak-anak dengan media pun telah berubah secara
drastis. Anak-anak tidak lagi hanya membaca komik atau pun menonton televisi.
Mereka juga menghabiskan waktu pada teknologi komunikasi dan media baru,
seperti permainan video gem (video game)
dan permainan gem internet (on-line game).
Bagi orang tua hal ini merupakan sebuah tantangan dalam proses menjembatani
media dengan anak-anak mereka, dimana orang tua harus menyesuaikan dengan
perubahan-perubahan yang terjadi. Anak-anak yang dibesarkan dalam era media
digital tentu saja lebih lebih intensif dalam menggunakan media baru
dibandingkan dengan orang tua mereka. Tanpa mediasi yang tepat, dikhawatirkan
anak-anak mendapatkan terpaan media yang negatif.
Pada sejumlah
penelitian orang tua atas video gem masih menggunakan tiga jenis mediasi atas
televisi. Strategi mediasi yang diterapkan pada televisi pada umumnya berlaku
juga bagi mediasi yang diterapkan pada permainan video gem(1). Catatan yang
perlu diingat adalah strategi mediasi atas televisi tidak dapat diterapkan
begitu saja, perlu banyak adaptasi untuk menerapkannya kedalam situasi mediasi
atas permainan video gem. Hal ini karena terdapat perbedaan antara keduanya.
Perbedaan utama antara keduanya adalah kegiatan menonton televisi adalah
kegiatan yang dilakukan bersama-sama sebagai aktivitas keluarga, sementara
kegiatan bermain video gem biasanya adalah kegiatan yang dilakukan sendirian (solitary), baik dalam permainan video
gem dalam PC, konsol, maupun permainan video gem yang mudah dibawa kemanapun (portable) seperti Gameboy dan PSP.
Sikap orang tua
dalam mediasi anak-anak menonton televisi umumnya juga berlaku pada cara
menangani anak-anak bermain video gem. Orang tua mempunyai objektifitas
tersendiri yang akan menentukan apakah mereka melarang anak-anak mereka bermain
gem tertentu atau tidak, bermain bersama dengan anak-anak mereka, atau
berdiskusi dan mengkritisi isi permainan video gem. Tetapi tidak semua orang
tua mampu mediasi anak-anak bermain video gem dengan baik, tidak semua orang
tua mampu menentukan apa sebenarnya yang harus dilakukan ketika anak-anak
berinteraksi dengan permainan video gem.
Pada sebuah
penelitian tentang mediasi atas permainan video gem yang dilakukan di Eropa
menunjukkan bahwa strategi mediasi atas televisi dan permainan video gem
diterapkan dengan cara yang hampir sama. Orang tua memiliki keyakinan akan
dampak permainan video gem sama menakutkan dengan dampak televisi, sehingga
mereka melakukan mediasi atas permainan video gem yang dengan cara yang sama
untuk mediasi televisi.
Orang tua
mengontrol atas permainan anak-anak. Meski pada awalnya orang tua menunjukkan
berbagai sikap pro dan kontra, akhirnya mereka bermain bersama anak-anak mereka
sebagai salah satu usaha mediasi. Namun usaha orang tua dalam mediasi atas
televisi lebih mempunyai kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan
mediasi atas permainan video gem. Sementara itu, anak-anak pada umumnya
menyadari srategi mediasi yang diterapkan oleh orang tua. Meski pada
kenyataannya mereka tidak selalu mematuhinya.
#
DAFTAR PUSTAKA
1.
Nikken, Peter. Loc cit.
0 komentar:
Posting Komentar