16 Des 2012

Etika Komunikasi - Corak Hedonisme



KULIAH KOMUNIKASI
CORAK HEDONISME
Oleh : Nisya Rifiani

Kata ‘hedonisme’ saat ini sering diartikan sebagai ‘paham mengenai kesenangan’. Memang tidak salah, namun secara general hedonisme bermakna: kesenangan adalah merupakan satu-satunya manfaat atau kebaikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan hedonisme sebagai: pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.
Pada awalnya, konsep hedonisme merupakan konsep filsafat etika dalam bidang kajian kefilsafatan. Hedonisme ialah suatu teori yang mengatakan bahwa kenikmatan atau akiba-akibat yang nikmat, dalam diri seseorang (yang melakukan praktek hedonisme) sudah mengandung kebaikan. Definisi tersebut merupakan sebuah aliran dalam kefilsafatan (aliran hedonisme).
Hedonisme juga dapat didefinisikan sebagai sebuah doktrin (filsafat etika) yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan dan menghindar dari segala penderitaan.

Kesimpulan :
Secara umum, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama dalam hidup. Bagi para penganut paham ini bersenang-senang atau pesta-pora merupakan tujuan hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak.

#

Bahan bacaan :
Kattsoff, Louis O. 1986. Pengantar Filsafat. Alih bahasa oleh Soejono Soemargono. Yogyakarta : Tiara Wacana.

0 komentar:

Posting Komentar