30 Mei 2015

#WeLoveIndiHome

INTERNET HEMAT ALA KONSUMEN CERDAS
Oleh : Nisya Rifiani

INTERNET merupakan sebuah terobosan bagi dunia modern. Internet pertama kali diciptakan sebagai gagasan atas media baru yang dapat menjadi sumber informasi yang tak terbatas. Kini, internet telah bertransformasi menjadi salah satu media yang memiliki posisi yang istimewa di kalangan masyarakat. Ia hadir dan seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.
Lihat saja, internet telah menjadi media yang paling luas dikonsumsi olah masyarakat. Berbagai lapisan masyarakat seolah terbius dengan hadirnya internet. Tak pandang bulu, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun tak lagi asing dengan internet. Internet menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri dan terlibat dalam setting natural yang terjadi dalam keseharian mereka.
Tak dapat dipungkiri, internet dan para penggunanya merupakan fenomena social massif yang berada di wilayah domestic dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ia tidak hanya menjadi sumber informasi dan hiburan dalam waktu yang hampir bersamaan. Tetapi juga sebagai media pendidikan dan sumber pengetahuan.
Wajar jika internet memiliki banyak pengaruh kuat pada penggunanya. Tantangan kemudian muncul bersumber dari dominasi internet dalam kehidupan masyarakat. Kuatnya keberadaan internet tersebut tentu mengundang sejumlah kekhawatiran. Produk internet yang tak terbatas tersebut tentu tak hanya memiliki konten yang positif saja, tetapi juga konten yang negative yang seringkali justru tak mendidik.
Berhadapan internet tentu menuntut kita untuk menjadi seorang yang cerdas bermedia. Cerdas bermedia secara umum diartikan sebagai kemampuan untuk mengkakses, menganalisis, mengeveluasi, dan menciptakan media (Center for Media Literacy. http://medialit.org). Persoalan tidak berhenti pada itu saja. Selain cerdas bermedia, kita juga harus hemat bermedia, dalam artian menggunakan sumber daya yang kecil untuk dapat mengakses media (dalam hal ini internet).
Seperti yang kita hadapi sehari-hari, kebutuhan kita akan akses internet cukup tinggi. Namun investasi yang kita kularkan untuk dapa mengkases internet masih tergolong tinggi. Meski kini banyak provider banting harga dan kiat berlomba menawarkan berbagai produk serta layanan mereka. Berbagai cara promosi mereka tawarkan untuk menarik perhatian dan memikat agar calon konsumen bersedia mengggunakan produk dan layanan mereka.
Sebagai konsumen, tentu kita harus cerdas memilih layanan terbaik yang ditawarkan oleh berbagai provider tersebut. Bukan hanya kualitas yang menjadi pertimbangan, tetapi juga harga… Tentu kita tidak mau mengeluarkan banyak biaya, tetapi kualitas yang kita dapatkan dari produk dan layanan tersebut tidak sebanding dengan yang sudah kita keluarkan…


IndiHome OCTUPLE PLAY

IndiHome OCTUPLE PLAY hadir menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi, harga yang terjangkau, serta dilengkapi fitur-fitur canggih. IndiHome Fiber OCTUPLE PLAY didukung dengan teknologi IndiHome Fiber To The Home atau FTTH, yaitu sebuah layanan internet yang menggunakan fiber optic yang bisa memberikan pengalaman kepada pengguna internet untuk merasakan pengalaman menggunakan akses internet cepat. Selain itu, teknologi IndiHome Fiber To The Home ini tentu memiliki keunggulan lainnya.

Keunggulan tersebut yaitu (1) Lebih Cepat, Fiber optic mampu mentransfer data (bandwidth) hingga 100 Mbps. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel coax atau copper. (2) Lebih Stabil, Fiber optic mempunyai kecepatan lebih stabil pada saat sharing atau akses internet secara bersamaan. (3) Lebih Handal, Fiber optic lebih awet dan tahan lama dalam kondisi cuaca apapun, seperti serangan petir dan gangguan electromagnet. (4) Lebih Canggih, Fiber Optic merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

Sebelum menjadi IndiHome Octuple Play, sebelumnya layanan ini bernama IndiHome Triple Play yang merupakan layanan yang memadukan telepon rumah, akses internet, dan internet protocol television. Telkom seolah tak berpuas dengan hanya menyediakan tiga paket layanan atau triple play saja. IndiHome Triple Play kemudian mengembangkan paket layanan bundling yang mendukung  kebutuhan pelanggan. Bundling layanan ini disebut dengan Paket OCTUPLE PLAY, delapan layanan dalam satu paket untuk mendukung perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan. Apa saja Paket Octuple Play tersebut??? Ini dia…

          1.          Akses Internet Kecepatan Tinggi
IndiHome menggunakan jaringan fiber optic yang mampu menghadirkan layanan akses internet kecepatan tinggi dalam membawa data dan informasi. Pertama di Indonesia, akses internet pada IndiHome menggunakan jaringan serat optic dengan kecepatan mulai dari 10Mbps sampai dengan 100 Mbps.

          2.          Usee TV Cable
IndiHome mengusung teknologi IPTV yang memungkinkan kita untuk dapat menikmati berbagai fitur canggih yang interaktif. Fitur tersebut membuat kita mempunyai kendali penuh dalam menikmati layanan televisi. Fitur-fitur tersebut yaitu :

TV On Demand,
“Bisa nonton siaran televisi yang disiarkan berhari-hari sebelumnya, hingga 7 hari sebelumnya.”
Video Recorder,
“Bisa merekam program siaran televisi dan film favorit, kemudian menayangkannya kembali.”
Pause & Rewind,
“Bisa menghentikan dan memutar kembali program siaran televisi dan film favorit.”
Video On Demand,
“Bisa nonton film pilihan baik film lokal maupun film internasional.”
Listening Music,
“Bisa mendengarkan lagu-lagu favorit dari berbagai genre.”
Karaoke
“Bisa karaoke dan merekam lagu-lagu favorit.”

Usee TV Cable IndiHome juga menghadirkan 99 channel yang dapat kita pilih sesuai dengan karakter kita. Termasuk diantaranya channel favorit seperti HBO, HBO Hits, Fox Movies, Fox Movies Premium, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai fitur dan layanan tersebut, Telkom menjadi penyedia layanan TV interaktif pertama di Indonesia.

          3.         Telepon Rumah
IndiHome memberikan layanan telepon rumah yang lebih fleksibel, dimana kita bisa bebas melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal. Asyiknya, kita bisa menghemat pengeluaran untuk telepon rumah karena kita mendapatkan bonus bebas panggilan lokal dan interlokal yaitu kuota sebanyak 1000 menit per bulan.

          4.         Nirkabel Seluler
IndiHome mempunyai layanan telekomunikasi nirkabel seluler  yaitu panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel dan Kartu Halo Telkomsel Spesial untuk pengguna Telkomsel Mania. Kita dapat menikmati benefit program ini seperti gimmick, promotion, dan free telepon, hanya dengan satu kali registrasi melalui line 147 atau Plasa Telkom (web) maka kita dapat menelepon sepuasnya ke nomor Telkomsel *hanya dengan harga paket Rp. 68.000,- per bulan. Praktis, ekonomis, dengan cakupan terluas…

          5.         Akses Internet Wifi Secara Otomatis (Seamless)
IndiHome memudahkan kita agar selalu terkoneksi dengan internet, dengan adanya layanan wifi.id seamless. Fitur layanan ini terdiri dari seamless atau auto-connect, dimana kita bisa mengakses internet wifi ke jaringan @wifi.id di seluruh Indonesia secara otomatis (seamless). FYI, saat ini Telkom telah memiliki lebih dari 100.000 access point jaringan @wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kita juga tidak perlu repot menginput username dan password berulang-ulang, cukup sekali saja selama berlangganan. Satu username dan password juga dapat digunakan untuk empat device yang berbeda, misalnya iPhone, Android, Notebook, dan lain sebagainya. Biayanya pun cukup murah, bahkan kita dibebaskan biaya selama 1 bulan pertama alias gratis.

Selanjutnya, kita cukup membayar Rp. 10.000,-/bulan per device mendapatkan akses internet broadband up to 10M via @wifi.id dengan kuota tak terbatas (unlimited). *Bandingkan dengan non pelanggan IndiHome, biaya yang dikenakan mencapai Rp. 50.000,-/bulan per device.  Cara membayarnya pun praktis, karena tagihan sudah termasuk dalam rekening tagihan bulanan.

          6.         Digital Music
IndiHome punya layanan digital music berupa free streaming music selama 12 bulan di melon.co.id. Koleksi melon.co.id mencapai lebih dari 10 juta lagu yang dapat di download secara add on sesuai dengan selera music kita. Untuk informasi menarik seputar lagu-lagu favorit langsung saja akses www.melon.co.id.
IndiHome juga memberikan perlindungan antivirus Trend Micro, gratis elama 3 bulan. Device akan terlindungi dari serangan virus, ma;ware, spyware, spam, phising, dan konten yang tidak layak dari internet sehingga data dan sistem aplikasi terbatas dari gangguan tersebut.

          7.         Global Call
Layanan IndiHome berikutnya adalah Global Call, yaitu layanan panggilan langsung internasional. Paket layanan Global Call tersedia dalam lima jenis agar kita bisa memilih sesuai dengan negara tujuan. Layanan ini adalah value tambahan bagi pelanggan IndiHome yang akan melakukan panggilan internasional melalui TelkomGlobal TG01017 dengan harga bersaing. Cukup dengan Rp. 50.000,- bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu satu bulan,
Cukup dengan satu kali registrasi melalui line 147 atau Plasa Telkom (web) kita dapat menggunakan layanan Global Call.  Selanjutnya, untuk melakukan panggilan internasional kita melakukan dial ke nomor 01017 + kode negara + kode kota + nomor telepon tujuan. Dah, gitu aja… Panggilan telepon internasional jadi lebih mudah, praktis, dan ekonomis, tentu dengan cakupan terluas.

          8.         Home Automation
Terakhir, IndiHome mempunyai layanan Home Automation yang dikembangkan untuk memberikan kenyamanan di rumah. Layanan ini merupakan sistem otomatisasi yang diterapkan di rumah, tujuannya adalah supaya membuat rumah kita menjadi hamat energy. Dengan layanan ini, bukan tidak mungkin kita mengkontrol berbagai perlengkapan rumah tangga meski kita tidak berada di rumah.
Salah satu fitur populer dari layanan ini adalah surveillance camera yang berbasis koneksi internet, sehingga bisa dipantau dari berbagai lokasi menggunakan aplikasi mobile. Kita juga bgisa mengendalikan perlengkapan rumah lainnya, misalnya mengatur hidup-matinya AC, CCTV, dan lain sebagainya. Tentu layanan ini memanfaat jaringan internet dari IndiHome…
#

Itu dia paket layanan yang kita dapatkan jika berlangganan IndiHome. Bukan itu saja, masih ada kejutan lain… Kita juga bisa mendapatkan tambahan bonus, yaitu IndiHome Movie Card (IMC) dan Voucher Belanja di belanja.com. IMC diberikan gratis kepada pelanggan baru IndiHome Fiber dengan pilihan paket diatas 10Mbps. IMC mempunyai saldo awal senilai Rp. 150.000,-. IMC dapat digunakan untuk menonton film secara gratis di Cinema21, CinemaXXI, dan The Premiere.
Kita tidak perlu mengantri untuk membeli tiket karena disediakan jalur antrian khusus. Kita cukup men-tap kartu IMC di loket yang tersedia. IMC dapat diisi ulang dan dapat digunakan untuk m embeli makanan dan minuman di 21Cafe dan XXICafe. Eitsss, masih ada voucher belanja dari belanja.co.id sebesar Rp. 50.000,- bisa untuk membeli produk apa saja di belanja.co.id. Caranya, dengan registrasi di websites belanja.co.id, klik banner IndiHome dan ikuti langkah selanjutnya…

IndiHome Fiber OCTUPLE PLAY merupakan paket layanan akses internet all in one yang memberikan manfaat lebih dan hemat bagi kita. Begitu banyak layanan yang diberikan, belum lagi berbagai bonus yang kita dapatkan. Dengan biaya yang lebih hemat, kita bisa mendapatkan layanan terbaik dengan fitur tercanggih.

– Nisya Rifiani / Mei 2015 –

1 komentar: