18 Jan 2014

Event - PFDA 2014



PARADE FILM DIKSAR AVIKOM 2014
“Beberapa Tahun Setelah Kamu Merintisnya…”

Halo, Readers…
Sudah lama nih aku nggak sharring review event… Nah, baru-baru ini ketika aku sedang ngobrol sore sama teman lama, aku diajak untuk nonton pemutaran film indie yang diselenggarakan oleh salah satu universitas swasta ternama di Yogyakarta. Mau banget dong! Yuk, selepas ngobrol langsung cuss ke venue…

The Story…

AVIKOM Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta kembali menyelenggarakan evet tahunannya, kali ini bertajuk “PFDA 2014; The Adventure of Movie”. Tema ini menyiratkan esensi bahwa kita harus menghargai setiap proses yang ada dalam pembuatan film. PFDA sendiri merupakan singkatan dari Parade Film Diksar Avikom. Bertempat di Auditorium Lembaga Indonesia Perancis, Jl. Sagan No. 3 Yogyakarta, event ini sukses digelar pada Kamis, 16 Januari 2014. Pada acara yang dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai pada pukul 21.00 WIB ini menampilkan tujuh film pendek karya anak-anak Avikom Angkatan 14 yang telah mengikuti agenda Diklat Dasar Avikom.



Tujuh film yang mengikuti screening movie tersebut yaitu “Ast…” (Selly Varia Yolanda), “12:00” (Ayu Suryani), “Failed” (Bagus Reinaldi), “Accrocher” (Yosie Yolanda), “Noda” (Triswendo), “Disclosure” (Caraka Putra), dan “96,69 FM” (Fahmi Hafian Pratama).  Karya-karya mereka mengangkat ide cerita dan genre beragam, jadi nggak bosen nontonnya… Pemutaran dibagi menjadi dua sesi dan ada diskusi pendek bersama para sutradara pada setiap akhir sesi pemutarannya. Asyiknya, nonton screening ini nggak dipungut biaya alias free, dapet katalog film, dan banyak doodrprize pastinya. Event ini juga menampilkan dokumentasi foto behind the sceen proses produksi yang ditampilkan dalam pameran mini. Selain itu penonton juga disuguhi stand up comedy dan musik akustik.

AVIKOM dalam sekilas…
Audio Visual Komunikasi atau Avikom merupakan sebuah Kegiatan Studi Mahasiswa (KSM) bagian dari Himpunan Mahasiswa Komunikasi UPN Veteran YK. Avikom adalah wadah yang memfasilitasi mahasiswa Komunikasi UPN Veteran YK yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang audio visual. Avikom sendiri sudah ada sejak tahun 2001 silam, tepatnya berdiri pada tanggal 20 Mei. Sejauh ini, puluhan karya audio visual telah dihasilkan oleh anggota Avikom.

Apa itu PFDA?
Sedangkan Parade Film Diksar Avikom atau PFDA sendriri adalah acara yang menampilkan hasil karya anak-anak Avikom yang telah mengikuti agenda Diklat Dasar Avikom. PFDA rutin digelar setiap satu tahun sekali. PFDA punya goal tersendiri yaitu untuk mempublikasikan karya anak-anak Avikom, karena kegiatan PFDA bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UPN Veteran YK aja, tapi juga untuk masyarakat umum. Open public gitu loh! PFDA merupakan sebuah bukti bahwa banyak anak bangsa yang mampu berkarya melalui film.

#

Tulisan ini aku dedikasikan khusus untuk kamu, salah satu perintis event pemutaran film ini…

Makasih buat Angga ‘Gondrong’ Saputra dkk yang udah ngajak akuuu… xoxo

Nisya Rifiani / 2014 

0 komentar:

Posting Komentar